Oleh: gayul | Desember 4, 2009

Mencegah Stroke dan Serangan Jantung Dengan Obat Alternatif (Jahe)

Stroke dan serangan jantung merupakan penyakit yang penyebab utamanya adalah tersumbatnya pembuluh darah. Selain itu juga disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Stroke adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara total setelah diderita. Stroke atau serangan otak terjadi saat distribusi darah ke otak tersumbat. Biasanya disebabkan oleh gumpalan darah ang menyumbat pembuluh darah, tapi bisa juga karena pecahnya pembuluh darah (arteri) pada otak. Pecahnya pembuluh darah pada otak akan melumpuhkan sebagian anggota tubuh, menimbulkan gangguan bicara, dan merusak fungsi otak lainnya. troke sebagian bersifat ringan, tapi bisa berkembang menjadi fatal bila tidak segera mendapat penanganan serius.

Sedangkan serangan jantung adalah penyakit yang timbul secara tiba-tiba dan berakibat kematian. Survey menunjukkan, 28 persen angka kematian di Indonesia masih ditempati oleh penyakit jantung. Apalagi dalam dasa warsa terakhir, penyakit jantung tak lagi didominasi pasien berusia diatas 40 tahun. Bahkan remaja pun rentan terkena serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Khususnya lagi bagi penderita obesitas (kegemukan), yang disertai dengan beberapa factor resiko lainnya seperti hipertensi, diabetes, kolesterol, kurang olahraga dan perokok berat. Maka 60 persen kategori yang seperti ini, rawan terkena serangan jantung akibat terjadinya penyempitan pembuluh darah pada jantung yang terjadi secara mendadak.

Jahe (Zingiber officinale roxb), yang dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan ginger. Tanaman jahe tumbuh berumpun dengan tinggi yang dapat mencapai 1 meter. Memiliki batang semu,  tidak bercabang, berbentuk bulat, tegak, dan tersusun dari lembaran pelepah daun. Batang berwarna hijau dengan pangkal batang berwarna kemerahan. Bunganya berbentuk tabung, dilindungi oleh daun sebagai pelindung. Rimpang jahe bercabang dan tidak teratur. Kulit rimpang bersisik dan tersusun melingkar, berwarna kuning kecoklatan. Daging rimpang berwarna kuning, berserat, dan mengandung aroma.

Berdasarkan ukuran, bentuk, dan warna rimpangnya, jahe dibagi menjadi tiga jenis, yaitu jahe putih atau kuning besar (jahe badak), jahe putih kecil (emprit), dan jahe merah. (http://warnadunia.com)

  1. 1. Kandungan Rimpang Jahe

Sifat khas jahe disebabkan adanya minyak atsiri dan oleoresin jahe. Aroma harum jahe disebabkan oleh minyak atsiri, sedangkan oleoresinnya menyebabkan rasa pedas. MInyak atsiri dapat diperoleh atau diisolasi dengan destilasi uap dari rhizoma jahe kering. Ekstrak minyak jahe berbentuk cairan kental berwarna kehijauan sampai kuning, berbau harum tetapi tidak memiliki komponen pembentuk rasa pedas. Kandungan minyak atsiri dalam jahe kering sekitar 1 – 3 persen. Komponen utama minyak atsiri jahe yang menyebabkan bau harum adalah zingiberen dan zingiberol.

Oleoresin jahe banyak mengandung komponen pembentuk rasa pedas yang tidak menguap. Komponen dalam oleoresin jahe terdiri atas gingerol dan zingiberen, shagaol, minyak atsiri dan resin. Pemberi rasa pedas dalam jahe yang utama adalah zingerol.

Jahe mengandung dua enzim pencernaan yang penting dalam membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan. Pertama, lipase yang berfungsi memecah lemak dan kedua adalah protease yang berfungsi memecah protein.Jahe juga sekurangnya mengandung 19 komponen bio-aktif yang berguna bagi tubuh. Senyawa kimia pada jahe terdiri dari senyawa-senyawa seskuiterpen, zingiberen, bisabolena, zingeron, oleoresin, kamfena, limonen, borneol, sineol, sitral, zingiberal, felandren. Di samping itu, terdapat juga sagaol, gingerol, pati, damar, asam-asam organik seperti asam malat dan asam oksalat, Vitamin A, B, dan C, senyawa- senyawa flavonoid dan polifenol.

Salah satu komponen yang paling utama yakni gingerol bersifat  antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah.  Jadi dengan begitu jahe mampu mencegah  tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol diperkirakan juga membantu menurunkan kadar kolesterol. (http://masenchipz.com)

  1. 2. Khasiat Jahe

Sejak dulu Jahe dipergunakan sebagai obat, atau bumbu dapur dan aneka keperluan lainnya. Jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan, baik untuk membangkitkan nafsu makan dan pencernaan. Jahe yang digunakan sebagai bumbu masak terutama berkhasiat untuk menambah nafsu makan, memperkuat lambung, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak asiri yang dikeluarkan rimpang jahe.

Minyak jahe berisi gingerol yang berbau harum khas jahe, berkhasiat mencegah dan mengobati mual dan muntah, misalnya karena mabuk kendaraan atau pada wanita yang hamil muda. Juga rasanya yang tajam merangsang nafsu makan, memperkuat otot usus, membantu mengeluarkan gas usus serta membantu fungsi jantung. Dalam pengobatan tradisional Asia, jahe dipakai untuk mengobati selesma, batuk, diare dan penyakit radang sendi tulang seperti artritis. Jahe juga dipakai untuk meningkatkan pembersihan tubuh melalui keringat.

Penelitian modern telah membuktikan secara ilmiah berbagai manfaat jahe, antara lain :

  • Menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.
  • Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak..

Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol juga diduga membantu menurunkan kadar kolesterol


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: