Oleh: gayul | Desember 4, 2009

Menstruasi Wanita

Menstruasi atau datang bulan atau haid merupakan proses fisiologis yang terjadi dalam tubuh wanita dimana terjadi pelepasan dinding (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan biasanya terjadi rutin setiap bulan kecuali pada masa kehamilan.

Seorang wanita biasanya memiliki 2 ovarium yang masing-masing menyimpan sekitar 200,000 hingga 400,000 telur yang belum matang/folikel (follicles). Normalnya, hanya satu atau beberapa sel telur yang tumbuh pada setiap periode menstruasi dan sekitar hari ke 14 sebelum menstruasi berikutnya, ketika sel telur tersebut telah matang maka sel telur tersebut akan dilepaskan dari ovarium dan kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk kemudian dibuahi. Proses pelepasan ini disebut dengan “OVULASI”.

Sel telur yang sudah matang tersebut menempel di dinding rahim untuk menunggu dibuahi oleh sel sperma. Dalam mempersiapkan proses pembuahan dinding sel membentuk lapisan yang mengandung banyak pembuluh darah. Apabila sel telur dibuahi oleh sperma maka akan terjadi proses awal dari kehamilan. Sedangkan apabila tidak terjadi proses pembuahan maka lapisan dinding rahim yang mengandung pembuluh darah tersebut akan menipis dan luruh keluar melalui mulut rahim dan vagina dalam bentuk darah, inilah yang disebut proses menstruasi atau haid atau datang bulan yang biasanya terjadi selama 3 sampai 7 hari.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: