Oleh: gayul | Desember 5, 2009

Masuk Angin. Apa Itu??

masuk angin Sering kita mendengar orang lain ngomong lagi masuk angin atau bahkan diri kita sendiri merasakan apa yang dinamakan masuk angin. Badan terasa capek, pegal-pegal, ngilu, menggigil kedinginan, lemas, kembung dan sering buang angin. Biasanya hal tersebut terjadi pada saat kondisi badan kita kurang fit atau terjadi pada pergantian musim (dari musim kemarau ke musim hujan dan sebaliknya).

Sebenarnya istilah masuk angin tidak dikenal dalam dunia kedokteran, berbagai gejala keluhan yang menyertainya biasanya dapat terjadi karena pengaruh cuaca dingin, dimana cuaca dingin bisa menimbulkan apa yang dinamakan vasoconstricion yaitu penyempitan pembuluh darah kita sebagai akibat dari cuaca dingin yang bertujuan untuk mengurangi kalor yang keluar dari tubuh kita supaya tidak terjadi hipotermia. Akan tetapi efek dari penyempitan pembuluh darah ini juga menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar, sehingga hasil metabolisme tubuh dan asam laktat terkumpul di otot-otot kita dan hal ini yang menyebabkan tubuh kita pegal-pegal.

Cuaca yang dingin juga bisa mengakibatkan gerakan peristaltik di dalam saluran pencernaan kita melambat sehingga bisa menimbulkan akumulasi gas-gas yang ada di dalam perut sehingga kita merasakan perut kita penuh dengan angin atau biasa di sebut dengan kembung.

Banyak cara yang dilakukan orang untuk mengatasi masuk angin ini. Mulai dari minum obat, minum jamu, bahkan kerokan yang sepertinya merupakan cara yang paling banyak dilakukan orang untuk mengatasi masuk angin.

Kerokan merupakan kegiatan menggosok atau mengerok permukaan kulit tubuh kita (biasanya bagian punggung, dada dan perut) dengan benda keras (biasanya yang di pakai adalah mata uang), sampai permukaan kulit berwarna merah. Semakin pekat warna merahnya diyakini semakin banyak angin yang keluar dan semakin cepat sembuh.

Padahal warna merah yang ditimbulkan dari kerokan merupakan akibat dari pecahnya pembuluh kapiler darah, sehingga tubuh merasa lebih enak karena pembuluh darah yang menyempit kembali melebar. Akan tetapi perlu diingat bahwa kerokan juga merusak pembuluh kapiler dan dalam jangka waktu lama akan berdampak buruk terhadap tubuh.

Mungkin cara yang aman untuk mengatasi masuk angin adalah dengan cara yang alami, minum jahe untuk menghangatkan tubuh, atau makan sup panas dengan disertai istirahat akan membawa hasil yang memuaskan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: