Oleh: gayul | Desember 7, 2009

Olahraga Otak Dapat Mencerdaskan Otak Kita

November 16th, 2009 by admin Leave a reply »

otak manusia Lupa terkadang merupakan hal yang menjengkelkan dan terkadang bisa mengacaukan seluruh aktivitas kita dalam sehari. Lupa bisa dialami oleh siapa saja, akan tetapi sangat menjengkelkan apabila dalam frekuensi yang sering dan apalagi menimpa pada orang yang masih muda, “Masih muda kok sudah pelupa” komentar yang biasa diucapkan orang.

Otak manusia mempunyai fungsi sebagai koordinator pergerakan tubuh, otak bagaikan sebuah mesin yang sangat kompleks. Konon semakin rumit otak seseorang maka semakin pandai orang tersebut. Secara garis besar otak terbagi menjadi dua; otak kanan berfungsi mengatur bagian tubuh sebelah kiri dan otak kiri yang mengatur bagian tubuh sebelah kanan.

Pada prinsipnya kerja otak terbagi dalam bagian yang disebut lobus yang masing-masing mempunyai fungsi khusus. Lobus frontalis mengatur pergerakan, kecerdasan, kemampuan berpikir, serta daya ingat dan kepribadian. Lobus pariental mengatur kecerdasan, kemampuan berpikir, membedakan kiri dan kanan, kemampuan bahasa, sensasi, serta kemampuan membaca. Sedangkan penglihatan dikoordinir oleh lobus oksipital.

Gangguan yang terjadi pada otak bisa disebabkan oleh cedera fisik atau disebabkan pula karena pertambahan usia sehingga fungsinya dalam menyimpan memori menjadi menurun (dan itulah yang menyebabkan seseorang menjadi pelupa). Namun tidak jarang penurunan daya ingat tersebut terjadi pada orang di usia yang relatif masih muda, hal ini bisa disebabkan oleh jumlah aliran darah ke otak yang berfungsi membawa oksigen (makanan otak) berkurang. Penyebabnya bervariasi, salah satunya mungkin karena gaya hidup yang kurang sehat.

Sama seperti tubuh, otak juga perlu olah raga untuk tetap menjaga agar selalu berfungsi dengan baik. Caranya?

  1. Buatlah agar informasi yang anda terima mudah diingat, misalnya dengan membuat singkatan-singkatan seperti mejikuhibiniu yang merupakan singkatan warna pelangi (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu).
  2. Gunakan tangan yang berbeda untuk beraktivitas, latihan ini akan mempercepat dan memperkuat sirkuit otak yang berfungsi mengendalikan dan memproses rangsang sentuhan yang berasal dari tangan anda.
  3. Mencoba berbagai macam jenis makanan, mengkonsumsi makanan yang sama setiap hari dapat menumpulkan indera penciuman dan perasa.
  4. Bersosialisasi, kurang bersosialisasi akan berpengaruh buruk terhadap kemampuan kognitif anda.
  5. Mencoba berbagai hal yang baru, cara ini akan mengaktifkan otak, misalnya membaca buku-buku baru, atau merubah rute perjalanan ke kantor anda dan lain sebagainya.

Ternyata tidak sulit untuk berolah raga otak. Selamat berolah raga.


Responses

  1. good post!

    salam kenal sob. mampir yah ke blog aku juga
    http://www.rahasiaotak.com
    annunaki.wordpress.com

  2. terima kasih buat gayul., saya mengalami apa yang gayul kemukakan., saya orangnya sangat pelupa sekali padahal umur saya baru 29 tahun.,saya rasakan ini dari usia 22 tahun semenjak keluar dari rumah sakit di opname selama 2 minggu.,, tapi ada hal2 yang mudah sekali saya ingat tapi itu jarang hanya sekali2 saja., saya terkadang kesal sendiri karena sangat mengganggu aktivitas saya., apalagi saat ini saya juga masih kuliah semester akhir., sering pelajaran yang sudah dipelajari, 80% lupa., sangat parah bgt.,

    • sama2,smoga informasi dari ku bermanfaat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: