Oleh: gayul | Desember 14, 2009

Langsing dengan Mempercepat Metabolisme

Ditulis oleh Humas KPDE (dari Media Indonesia)
Sabtu, 07 Februari 2009 12:07
Foto : http://www.r-1.hr/images

Meningkatkan proses metabolisme merupakan cara mengontrol berat badan yang paling utama. Tetapi, kecepatan tubuh membakar kalori tergantung pada beberapa faktor tertentu.
Beberapa orang mewarisi proses metabolisme yang cepat. Laki-laki cenderung menbakar lebih banyak kalori daripada perempuan, bahkan saat beristirahat. Pada sebagian besar orang, proses metabolisme melambat secara perlahan-lahan setelah berusia 40 tahun.
Walaupun Anda tidak bisa mengontrol faktor usia, jenis kelamin, atau faktor genetik, masih ada beberapa cara untuk meningkatkan proses metabolime. Berikut 10 cara mempercepat metabolisme yang bisa Anda coba:

Kuatkan otot
Tubuh kita membakar kalori secara konstan, bahkan saat kita tidak beraktifitas. Proses metabolisme masa istirahat ini lebih cepat pada orang-orang yang lebih berotot.
Setiap 1/2 kg otot menggunakan sekitar 6 kalori per hari untuk kelangsungannya sendiri, sedangkan setiap 1/2 kg lemak hanya membakar 2 kalori setiap hari. Perbedaan kecil ini bisa meningkat kapan saja.
Selain itu, setelah melakukan latihan secara teratur, otot di seluruh tubuh diaktifkan, dan akan meningkatkan kecepatan proses metabolisme.

Tingkatkan olahraga
Aerobik tidak akan memperbesar otot-otot tetapi akan memeprcepat proses metabolisme. Kuncinya adalah mendorong diri Anda sendiri. Olahraga dengan intensitas tinggi akan menghasilkan proses metabolime yang lebih besar dan lebih lama dibandingkan olahraga dengan intensitas rendah atau sedang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan olehraga secara intensif di gym termasuk jogging.

Perbanyak minum air
Tubuh memerlukan air untuk mengolah kalori. Jika Anda mengalami sedikit saja dehidrasi maka proses metabolisme akan melambat. Satu studi menunjukkan, orang dewasa yang minum 8 gelas atau lebih air sehari membakar lebih banyak kalori daripada mereka yang hanya minum 4 gelas.
Untuk menghindari tubuh dari dehidrasi, minumlah segelas air atau minuman tanpa pemanas lainnya sebelum makan atau mengkonsumsi snack. Selain itu, mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung  banyak air lebih baik daripada kue kering atau keripik.
<!–[if !supportLineBreakNewLine]–>
<!–[endif]–>

Tambah air minum dengan es
Minuman dingin dengan es akan mendorong tubuh membakar lebih bayak kalori selama proses pencernaan. Penelitian menunjukkan, 5 atau 6 gelas air dengan es membakar 10 kalori ekstra dalam sehari. Kedengarannya hanya sedikit, tetapi akan menyebabkan penurunan berat badan sebanyak 1/2 kg per tahun tanpa diet. Anda akan mendapat keuntungan yang sama dengan minum es teh atau kopi, tentu saja selama Anda tidak menggunakan krim atau gula.

Tambah frekuensi makan
Makan lebih sering membantu menurunkan berat badan. Kalau Anda makan besar dengan rentang waktu lama dengan makan berikutnya, berarti Anda melatih proses metabolisme untuk bekerja secara lambat.
Makan dalam porsi kecil atau mengkonsumsi snack setiap 3-4 jam sekali akan membantu proses metabolisme tetap bekerja cepat, jadi Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Beberapa studi juga telah menunjukkan, orang-orang yang mengkonsumsi snack secara teratur, makan lebih sedikit saat makan.

Pedaskan rasa makanan Anda

Makanan pedas mengandung zat kimia yang berperan mempercepat metabolisme. Mengkonsumsi satu sendok makan cabe merah atau cabe hijau yang telah dipotong-potong akan meningkatkan proses metabolisme hingga 23%.
Beberapa studi menunjukkan kalau dampak ini hanya berlansung selama 1/2 jam, tetapi jika Anda lebih sering mengkonsumsi makanan pedas, keuntungannya akan bertambah.

Konsumsi lebih banyak protein
Tubuh membakar 2 kali lebih banyak kalori saat mencerna protein daripada mencerna lemak atau karbohidrat. Walaupun Anda ingin mengkonsumsi diet yang seimbang, mengganti beberapa karbohidrat dengan makanan kaya protein tanpa lemak bisa mempercepat proses metabolisme pada waktu makan. Daging sapi tanpa lemak, ikan, daging ayam, tofu, kacang-kacangan, telur, serta produk-produk susu rendah lemak merupakan sumber protein yang sehat.

Minumlah Kopi hitam (black coffe)

Jika Anda penggemar kopi, energi dan konsentrasi Anda akan meningkat setelah minum kopi di pagi hari. Keuntungan minum kopi juga dikaitkan dengan peningkatan proses metabolisme. Studi menunjukkan, kafein dalam 2 gelas kopi mempercepat metabolisme perempuan dengan berat badan 72.25 kg untuk membakar 50 ekstra kalori selama 4 jam ke depan.
Tetapi, pastikan kopi Anda murni. Jika Anda menambah krim, gula, atau sirup penambah rasa, berarti Anda mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar.

Teh hijau

Anda akan mendapatkan keuntungan dari kombinasi kafein dan catechin, substansi yang bisa mempercepat metabolisme selama 2 jam, jika Anda minum teh hijau.
Penelitian menunjukkan, minum dua cangkir dari salah satu jenis teh mendorong tubuh membakar 50 kalori ekstra setiap hari. Itu akan menurunkan berat badan sebanyak 2 1/2 kg per tahun.

Hindari diet ketat (crash diet)
Crash diet, diet dengan kurang dari 1000 kalori sehari, merupakan bencana bagi siapapun yang hendak mempercepat proses metabolisme. Walaupun diet ini membantu menurunkan berat badan (karena kekurangan nutrisi baik), sebagian besar penurunan berasal dari penurunan massa otot.
Semakin rendah masa tubuh, semakin lambat proses metabolisme. Akhirnya, tubuh akan membakar lebih sedikit kalori sehingga berat badan akan bertambah lebih cepat daripada sebelum Anda melakukan diet.

Cara terbaik

Dampak dari makanan dan minuman pada proses metabolisme masih kecil dibandingkan dengan apa yang Anda perlukan untuk menurunkan berat badan secara berkelanjutan. Cara terbaik untuk mendapatkan mesin pembakar kalori yang cepat adalah dengan membangun otot dan tetap aktif.
Semaklin sering Anda bergerak sepanjang hari, semakin banyak kalori yang Anda bakar. Ingatlah: berolahraga di pagi hari sangat menguntungkan karena mempercepat metabolisme Anda selama berjam-jam.

< Sebelumnya Berikutnya >

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: